Jumat, 01 April 2016

Menteri Siti Nurbaya Apresiasi Pembangunan Infrastruktur di Banyuwangi

Di sela kunjungan kerjanya ke Taman Nasional Alas Purwo di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyempatkan diri untuk singgah di Pendopo Kabupaten, Sabha Swagata, Minggu (27/3).
VIDEO Menteri Siti Nurbaya d tampo= https://www.youtube.com/watch?v=1W1h_mBF3fs
Dalam jamuan makan malam tersebut, Menteri Siti pun menyampaikan kesannya terhadap pembangunan di Banyuwangi yang dinilainya merata dari desa sampai kota.
“Banyuwangi memang layak mendapatkan berbagai penghargaan, karena sejak saya turun dari bandara sampai ke ujung hutan Taman Nasional, saya tidak melihat daerah yang terbelah. Utilitas di kota dan desa tidak jauh berbeda. Bahkan di pinggir hutan rumahnya juga bagus-bagus,” kata Menteri Siti.
Menteri Siti juga terkesan dengan kondisi infrastruktur jalan di Banyuwangi yang dianggapnya sangat baik, mulai kota sampai desa.. “Jalan-jalan bagus banget sampe ujung. Jalan yang rusak justru jalan yang jadi kewenangan pusat,” cetus Menteri Siti.
Siti melanjutkan, sebagian besar jalan rusak memang berada di wilayah konservasi yang merupakan tanggung jawab penuh pemerintah pusat. Untuk itu pihaknya berjanji akan segera berkonsolidasi untuk memperbaiki infrastruktur tersebut. “kebetulan disini ada Dirjen juga staf ahli yang menangani permasalahan ini, nanti kita akan segera rapat secara keseluruhan,” ujarnya.
Kedatangan Menteri Siti ke Banyuwangi sendiri berkaitan dengan pengembangan ekonomi dan pariwisata di wilayah konservasi Taman Nasional Alas Purwo. Menurut Siti, pariwisata Banyuwangi sendiri sangat siap dan layak untuk diangkat ke level internasional dan pengembangan TN Alas Purwo akan menjadi nilai tambah yang melengkapi.
“Banyuangi outward lookingnya lengkap, bagus untuk menjaring internasional. Namun daerah tidak mungkin berjuang sendiri tanpa dukungan pemerintah propinsi maupun pusat. Makanya kita akan membantu,” cetus Siti.
Untuk percepatan pengembangan pariwisata Siti juga mengatakan perlu dilakukannya strategi perencanaan kewilayahan, dimana Surabaya, Malang, Bromo dan Banyuwangi perlu ditarik menjadi satu rangkaian. “Bisa juga narik Bali, sehingga strateginya lebih mudah untuk dipromosikan,” imbuh Siti yang mengatakan akan segera melakukan rapat dengan kementrian Pariwisata dan PU untuk menindak lanjuti kunjungan kerjanya di Banyuwangi.
Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut positif rencana menteri Siti Nurbaya untuk membangun infrastruktur serta mendukung pengembangan pariwisata di TN Alas Purwo . “Selama ini banyak wisatawan yang komplain dengan kondisi jalan yang rusak menuju Pantai Pelengkung dan Alas Purwo ini. Tapi kewenangan izin untuk membangun berada di kementerian kehutanan. Jadi, kita senang dengan rencana bu menteri (siti nurbaya) yang akan membangun infrastruktur disini,” ungkap Anas.
Banyuwangi sendiri sedang getol-getolnya untuk membangun ecotourism, wisata alam berbasis ekologi. Pantai Pelengkung yang berada di kawasan TN Alas Purwo ini merupakan bagian dari triangle diamond pariwisata andalan Banyuwangi selain Kawah Ijen dan Sukomade. (Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar