Sabtu, 05 Maret 2016

Banyuwangi Akan Alami Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total yang akan terjadi di Indonesia, juga akan bisa dilihat di wilayah Banyuwangi. Meski tidak total, fenomena alam alam ini masih bisa dinikmati masyarakat Banyuwangi pada 9 Maret 2016 sekitar pukul 06.00. Hali itu dikatakan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Supriyono.
Video = https://www.youtube.com/watch?v=B5YhU6Hf85g
Menurut Supriyono, gerhana matahari total ini akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Antara lain, Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Pangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Tertane dan Halmahera. Yang akan berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB.
Untuk wilayah Banyuwangi dan sekitarnya fenomena alam tersebut akan terjadi pukul 06:22  WIB. Puncak atau maksimal gerhana akan terjadi pada 07:27 WIB dengan lebar gerhana sekitar 81 persen. Dan fase terakhir terjadi pukul 08.41 WIB.
“Gerhana tidak total ini, hanya berlangsung selama 2 jam 19 menit. Karena terjadi pada pagi hari, kemungkinan fenomena tidak terlalu terasa, seperti halnya gerhana matahari total yang terjadi pada siang hari,” ujar Supriyono.   
Karena itu masyarakat diimbau untuk beraktivitas seperti biasa dan bisa menyasksikan gerhana ini dengan pelindung. “Kami sarankan untuk menggunakan alat bantu seperti kacamata hitam atau alat lainnya saat akan menatap gerhana,” kata Supriyono. (Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar