Senin, 07 Maret 2016

Lima Korban Ditemukan, Basarnas Hentikan Operasi Pencarian

Ditemukannya 5 korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia II, Badan SAR Nasional menyatakan akan menutup operasi pencarian korban yang dilakukan di Selat Bali.

"Dengan ditemukannya 1 korban lagi hari ini maka jumlah daftar pencarian orang hilang sesuai dengan data manifest yaitu 5 orang. Sehingga operasi pencarian akan ditutup pada hari ini," jelas Direktur Operasional dan Pelatihan Basarnas, Brigjen (Mar) Ivan Ahmad, Minggu (6/3/2016).
Beberapa hal yang mendukung penutupan operasi SAR itu, lanjut dia,  yaitu hasil penyisiran para penyelam di lokasi tenggelamnya KMP Rafelia II. Para penyelam gabungan dari Basarnas, TNI, Polri dan nelayan menyebutkan jika seluruh ruangan kapal tidak lagi ditemukan korban tenggelam. "Penyelam gabungan sudah menyisir ke seluruh ruangan mulai dek, anjungan, buritan kapal semua clear," imbuhnya.
Meskipun operasi ditutup, sambung Ivan, pencarian akan tetap dilakukan dengan mengurangi jumlah personel yang bertugas. Jumlah personel yang semula 200 personel dipangkas menjadi 20 hingga 30 personil. Selain itu beberapa kekuatan SAR, seperti Kapal Jelajah, kapal cepat, serta 2 helicopter akan ditarik ke kantor SAR setempat. "Untuk mengantisipasi masih adanya korban yang mengapung di perairan tim basarnas pusat akan digantikan perannya oleh anggota dari pos SAR Jember dan Surabaya. Mereka akan memantau seluruh kegiatan pasca penutupan operasi ini. Masih ada heli yang disiagakan berputar mengawasi perairan Selat Bali," tambah Brigjen Ivan. (Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar